Ini 10 Hewan Hermaprodit alias Berkelamin Ganda

Hewan Hermaprodit

Hewan Hermaprodit alias Berkelamin Ganda – Makhluk hidup perlu berpasang-pasangan untuk bisa mengerjakan reproduksi. Prinsip dasarnya ialah sel air mani dari pejantan akan bertemu dengan sel telur dari betina lalu terjadi pembuahan. Tetapi, ada hewan yang bisa bereproduksi secara mandiri. Mari berkenalan dengan hewan hermaprodit alias berkelamin ganda.

Daftar Hewan Hermaprodit alias Berkelamin Ganda

Apa saja hewan di dunia ini yang memiliki kelamin ganda, Berikut Ulasannya :

1. Ikan Badut

Tahukah kamu seandainya segala ikan badut terlahir dengan jenis kelamin jantan? Lalu, seiring berjalannya waktu, ikan jantan yang paling dominan akan berubah menjadi betina. Kerja ini dikenal sebagai hermaproditisme berurutan. Apabila ikan betina dalam kawanan meninggal, maka ikan jantan yang dominan akan mengubah jenis kelamin untuk menggantikannya. Hal ini dikerjakan untuk menjaga kelangsungan hidup kawanan ikan badut.

Baca Juga : 6 Hewan Hidup Abadi Yang Perlu Diketahui

2. Siput Pisang

Siput pisang (Ariolimax) dilahirkan dengan jenis kelamin jantan dan betina. Ini membuat mereka tergolong sebagai hewan hermaprodit. Walaupun seperti itu, mereka juga bisa bereproduksi secara berpasang-pasangan. Ketika mereka menemukan siput lain dengan ukuran sama, mereka akan saling menghamili satu sama lain.

Apabila tidak ada siput lain, mereka akan menghamili dirinya sendiri. Tetapi, hal ini tergolong langka dan jarang terjadi. Lebih aneh lagi, siput pisang diketahui menggerogoti penis pasangannya setelah berhubungan seks. Para pakar menamai tindakan ini sebagai apophallation.

3. Kadal Cambuk

Kadal cambuk (Cnemidophorus) bisa membuahi dirinya sendiri tanpa bantuan hewan jantan. Ini karena segala kadal terlahir dengan jenis kelamin betina! Metode reproduksinya unik, kadal betina akan saling merangsang ovulasi. Lalu, kadal yang berada di atas bertelur dengan ukuran kecil sementara kadal di bawah bertelur dengan ukuran lebih besar.

Berbicara dari segi sains, kadal cambuk akan menggabungkan dua versi berbeda dari kode DNA mereka. Lalu, mereka akan memastikan bahwa tiap-tiap-tiap-tiap pasangan kromosom memiliki berjenis-ragam bentuk gen. Hal ini supaya keturunannya memiliki keragaman genetis dan membantunya agar tetap sehat, jelas website The Higher Learning.

4. Kadal Naga Berjanggut

Bukan sulap, bukan sihir. Kadal naga berjanggut (Pogona) punya kesanggupan untuk mengubah jenis kelamin dari laki-laki menjadi perempuan. Kesanggupan spesial ini telah dimiliki sejak mereka masih di dalam telur! Para peneliti menyebut bahwa fenomena ini terjadi secara alami dan diperkirakan dikasih akibat oleh perubahan iklim.

Kadal naga jantan yang diteliti di laboratorium dan diberi suhu ekstrem, maka mereka akan berubah secara genetis menjadi betina. Malahan, kadal jantan yang berubah menjadi betina akan bertelur lebih banyak dari kadal yang lahir dengan jenis kelamin betina.

5. Ikan Wrasse

Berbanding terbalik dengan ikan badut, ikan wrasse betina akan mengubah jenis kelamin menjadi jantan. Hal ini terjadi apabila ikan jantan dominan meninggal, maka ikan betina terbesar akan mengganti jenis kelaminnya dan memimpin kawanannya. Perubahan organ seksual dari betina menjadi jantan ini berlangsung selama kurang lebih 2 minggu. Ikan betina yang berubah menjadi jantan akan menjadi agresif. Hal ini dikerjakan untuk mengamankan wilayah dan ikan betina yang akan dibuahi nantinya.

6. Ikan Kakatua

Satu lagi spesies ikan yang hermaprodit, yakni ikan kakatua (Scaridae). Mereka ialah hewan hermaprodit protogin, yakni hewan betina yang bisa berubah menjadi jantan dalam tiap-tiap-tiap-tiap titik di kehidupan mereka. Walaupun sebagian besar ikan kakatua dilahirkan sebagai betina, mereka memiliki organ genital dari dua jenis kelamin. Para pakar menyebut bahwa ini diterapkan sebagai mekanisme untuk menjaga keseimbangan gender ikan kakatua.

7. Cumi-Cumi

Untuk mengurangi persaingan dengan pejantan lain, cumi-cumi bisa mengubah satu sisi tubuhnya agar terlihat menyerupai hewan betina. Ketika ia berada di antara cumi-cumi jantan dan betina, cumi-cumi jantan akan menonjolkan bahwa ia ‘betina’ pada sisi yang bisa dilihat oleh hewan jantan.

Sebaliknya, pada sisi yang bisa dilihat oleh hewan betina, ia akan menonjolkan diri sebagai hewan jantan. Sementara, cumi-cumi jantan yang menjadi pesaing hanya akan memperhatikan dua cumi-cumi betina. Trik ini dikerjakan untuk mendapatkan cumi-cumi betina lebih cepat dari pejantan lain. https://indonesiajurnal.com/

8. Ikan Goby Sirip Hitam

Siapa sangka, ikan kecil ini bisa mengubah jenis kelamin mereka? Perubahan jenis kelamin ini dikerjakan cocok kebutuhan. Seumpama, kalau ada kematian ikan jantan. Maka, ikan lain yang semula berjenis kelamin betina akan berubah menjadi ikan jantan. Malahan, ikan yang berasal dari spesies Gobiodon histrio memiliki kesanggupan untuk mengubah jenis kelamin dua arah. Apabila di satu lokasi ada dua ikan betina yang terlahir jantan, maka salah satunya akan mengubah jenis kelamin menjadi jantan.

9. Katak

Apa hal yang bisa membuat jenis kelamin katak berganti? Tak lain dan tak bukan ialah pengaruh dari herbisida atrazine, racun yang bisa memengaruhi kadar hormon amfibi. Menurut peneliti, 10 persen katak jantan yang terkena racun ini akan berubah menjadi katak betina. Pengaruh racun ini, katak jantan kehilangan hormon testosteron dan air mani. Hal ini diutarakan oleh Tyrone B. Hayes, peneliti dari University of California Berkeley. Dalam banyak kasus, racun atrazine ini bisa membunuh katak, lebih-lebih dalam dosis besar.

10. Ular Garter

Kesanggupan apa yang dimiliki oleh ular garter? Beberapa ular jantan akan berubah menjadi betina. Tipuan seksual ini berguna agar mereka dikepung oleh ular jantan lain. Kepungan oleh banyak ular akan melindungi mereka dari predator alami mereka, seperti burung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *